Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan strategi action learning dapat meningkatkan hasil belajar geometri dan pengukuran pada materi pengukuran sudut di kelas V SDN 104260 Melati Kecamatan Perbaungan kab. Serdang Bedagai.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan strategi action learning dapat meningkatkan hasil belajar geometri dan pengukuran pada materi pengukuran sudut di kelas V SDN 104260 Melati Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitan yang di lakukan termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK).subjek dalam penelitian ini siswa-siswi kelas V SDN 104260 Melati Tahun Ajaran 2012/2013 sebanayk 1 kelas yang berjumlah 39 siswa terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan.penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus dan tiap siklus di lakukan sebanyak 2 kali pertemuan pada materi pengukuran sudut di kelas V SD.tehnik pengumpulan data dengan menggunakan soal tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 25 soal serta lembar format observasi dalam menerapkan RPP dan kegiatan siswa. hasil penelitian menunjukan bahwa dari hasil pretes di peroleh rata-rata nilai sebesar 50,46%,kondisi kemampuan siswa kelas V SD masih rendah, karena hasil penelitan menunjukan pada tes awal dari 39 siswa hanya terdapat 9 orang (23,08%), sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 30 orang (76,92%).Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata nilai sebesar 64,82% dan jumlah siswa yang tuntas dari 39 siswa terdapat 19 orang siswa(48,72%), Sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 20 orang(51,28).Setelah dilakukan tindakan pada siklus II kondisi kemampuan siswa jauh lebih baik dengan nilai rata-rata sebesar 77,08% dengan jumlah siswa yang di nyatakan tuntas Dari 39 siswa terdapat 34 orang siswa (87,18%), sedangkan siswa yang tidak tuntas hanya 5 orang(12,82%). Dengan demikian,berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi action lerning dapat meningkatkan hasil belajar geometri dan pengukuran pada materi pengukuran sudut di kelas V SDN 104260 Melati Tahun Ajaran 2012/2013
Sumber:
Sri Rahmadani Lubis. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Geometri dan Pengukuran dalam Pengukuran Sudut dengan menggunakan Strategi Action learning di Kelas V SDN 104260 Melati kec. Perbaungan kab. Serdang Bedagai. Skripsi, Program Sarjana Kependidikan Bagi Guru Dalam Jabatan Universitas.
http://digilib.unimed.ac.id/peningkatan-hasil-belajar-geometri-dan-pengukuran-dalam-pengukuran-sudut-dengan-menggunakan-strategi-action-learning-di-kelas-v-sdn-104260-melati-kecperbaungan-kabserdang-bedagaiskripsi-program-sarjana-kependidikan-bagi-guru-dalam-jabatan-universitas-27521.html
Comments
Post a Comment